Berita

Bagi Indonesia – Lazis Al Hikmah Peduli Penyintas Gempa Cianjur

Bagiindonesia.orgs, CIANJUR – Bagi Indonesia Foundation berkolaborasi dengan – Lazis Al Hikmah telah melakukan sejumlah aksi kemanusiaan, membantu penyintas bencana gempa bumi Cianjur, yang terjadi pada Senin, 21 november 2022, pukul 12.15 WIB berkuatan 5.6 SR.

Bagi Indonesia menerjunkan Tim Emergensi Response nya  ke sejumlah titik bencana, mendistribusikan makanan bergizi untuk anak, paket pangan untuk keluarga terdampak, serta makanan sehat untuk anak-anak penyintas bencana.

Selain itu, Bagi Indonesia juga telah melakukan kegiatan mobile medis guna menyasar masyarakat di pelosok yang tidak dapat terjangkau, karena sulitnya akses ke lokasi pengungsi. Sebanyak 700 pasien sudah mendapatkan pelayanan medis dari Tim Emergensi Response Bagi Indonesia.

Menurut Affan, Founder Bagi Indonesia Foundation, Tim Emergensi Response Bagi Indonesia bekerjasama dengan relawan lokal di Cianjur, tak kenal lelah mendistribusikan kebutuhan para penyintas sehari hari dari mulai susu, biskuit , buah buahan, vitamin, bahan pokok untuk makan sehari hari, serta makanan siap santap untuk para pengungsi.

“Bantuan kami distribusikan dua gelombang. Gelombang pertama kami lakukan pada Sabtu – Rabu, 26 – 30 November 2022. Sedangkan bantuan kedua kami distribusikan pada Minggu – Senin, 4 – 5 Desember 2022,” ungkapnya.

Bantuan pertama  meliputi 1.180 porsi makanan sehat, paket sembako sebanyak 30 paket ( satu paket berisi: beras 5Kg, gula 1Kg, minyak 2Kg, teh kotak 2 box, biskuit 1 pcs, susu UHT 5 pcs), paket obat-obatan untuk 75 pasien dan 50 paket paket gizi anak. Sedangkan bantuan ke dua meliputi pelayanan kesehatan untuk 50 pasien, 150 paket gizi untuk anak, beras untuk 30 penerima manfaat.

Adapun Aksi kemanusiaan dan kerelawanan Tim Emergensi Response Bagi Indonesia dilakukan di 5 titik (lokasi), yaitu: Pertama, Kampung Cibeleng Hilir. Desa Kecancana. Kedua JL. Raya Sukabumi, Kecamatan Ciwalen. Ketiga, Kampung Bayubud, Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku. Keempat, Kampung Pasir Sapi, Cugenang. Kelima, Desa Talaga Cilebak, Cugenang.

Alhamdulillah banyak para penyintas gempa yag sebagian besar tinggal di posko pengungsiaan merasa terbantu dengan bantuan dari  Lazis Al Hikmah yang didistribusikan Tim Emergensi Response Bagi Indonesia. Seperti yang dirasakan Bu Sinah warga Desa Pasir Sapi , Kecamatan Cugenang.

Meskipun Ia sedih rumahnya hancur diguncang gempa dan banyak keluarganya yang wafat karena musibah tersebut, namun dirinya merasa haru dengan perhatian masyarakat Indonesia khususnya Lazis Al Hikmah dan Bagi Indonesia yang mau peduli dengan dirinya dan sejumlah para penyintas gempa lainnya.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih untuk Lazis Al Hikmah dan Bagi Indonesia, terimakasih sudah membantu kami,”ucapnya, dengan mata berkaca-kaca menahan rasa haru.[] M.A.Rahmani