Berita

Ingin Jadi Relawan Sejati? Yuk, Ikuti Acara Ini!!

BAGIINDONESIANews.JAKARTA – Bagi Indonesia bersama Sekolah Relawan menggelar: Orientasi Relawan Bagi Indonesia dengan mengusung tema; “Relawan adalah Aset Perubahan Bangsa”. Acara digelar pada Sabtu, (8/10), pukul 13.00 – selesai, via zoom, menghadirkan pemateri yang sangat mumpuni di dunia kerelawanan, yaitu Bayu Gawtama (Founder Sekolah Relawan). Kegiatan ini akan menghadirkan atau mengundang seluruh stakeholder NGO di Indonesia dan tak dipungut biaya atau gratis.

Peran para relawan dalam pergerakan NGO, baik itu dalam negeri, maupun luar negeri tak bisa dipungkiri eksistensinya. Relawan menjadi garda terdepan dalam setiap aksi atau implementasi di lapangan. NGO tak bisa dilepaskan dengan para relawan dan aksi kerelawanannya.

Hal tersebutlah yang menjadi dasar digelarnya Orieantasi Relawanan ini. Seperti diutarakan Muhammad Albar (CEO Bagi Indonesia), menurutnya Bagi Indonesia menggelar Orientasi Relawan dengan mengundang dan melibatkan seluruh stakeholder NGO yang ada di Indonesia, adalah sebagai upaya untuk terlibat aktif membuat persepsi tentang relawan itu sendiri.

“Kita berharap relawan itu bisa menjadi relawan ahli, yang khusus menguasai di bidang masing-masing (spesialisasi). Jadi para relawan semakin ahli di bidangnya, di dunia kebencanaan misalnya emergensi, recovery dan relief relawan mampu menguasai dunia itu. Begitu pula terkait dunia lainnya seperti medis dan yang lainnya,” terangnya.

Albar berharap kegiatan Orientasi Relawan Bagi Indonesia ini, nantinya mampu membentuk para relawan yang tangguh, mempunyai dedikasi dan kridibilitas, sehingga mereka dapat bekerja secara profesional di bidangnya.

Sekilas tentang Bayu Gawtama

Bayu Gawtama atau yang sehari-hari akrab dengan sapaan Bang Gaw ini merupakan pria kelahiran Februari 1974. Sudah sejak lama Bang Gaw aktif di dunia kemanusiaan dan kerelawanan. Hingga Ia bergabung dengan salah satu NGO Kemanusiaan Global asal Indonesia, yang kemudian pada Januari 2013, bersama kedua temannya yaitu: Roel Mustafa dan Doni Aryanto, Bang Gaw mendirikan Sekolah Relawan.

Sekolah ini hadir sebagai wadah edukasi bagi para relawan yang hendak terjun ke lapangan untuk membantu korban bencana. Baik itu evakuasi, penyaluran bantuan, hingga pemberdayaan masyarakat terdampak agar dapat bangkit dan menjalani hidup dengan normal kembali.

Berkat dedikasinya, Bang Gaw mendapatkan penghargaan kategori kontribusi kerelawanan dalam bidang kemanusiaan pada ajang Humanity Awards 2021. []M.A.Rahmani/BagiIndonesia