Berita

Ini Cara Relawan Bagi Indonesia, Melawan Kejahatan Seksual Pada Anak!!

BAGIINDONESIANews.JAKARTA Saat inikasus kekerasan seksual pada anak masih menjadi ancaman yang menakutkan, seperti diberitakan di kanal media massa yang beredar saat ini. Fenomena tersebut menjadi sangat miris! dan harus segera ditanggulangi/antsipasi.

Kurangnya pemahaman mengenai pendidikan seks, membuat anak kesulitan memahami atau melawan perilaku kejahatan seksual tersebut. Sayangnya, masih banyak orang tua yang merasa tabu untuk membicarakan masalah seksualitas pada anak.

Mengingat pentingya pendidikan seks pada anak sejak usia dini, maka BagiIndonesia menggelar Safari Dongeng Kemanusia, dengan tema: Aku Mandiri / Aku Mampu Menjaga Diri ke sejumlah sekolah, salah satu sekolah yang disambangi adalah PAUD Anggrek Bulan di Jakarta Utara.

Kegiatan edukasi ini merupakan program kolaborasi Bagi Indonesia dengan Komunitas Kampung Dongeng.  

Edukasi dilakukan dengan menggunakan metode mendongeng dan bermain, edukasi dikemas dengan menyenangkan, anak-anak merasa terhibur, sehingga anak-anak tak merasa berat mendapatkan edukasi tersebut. Dalam dongeng tersebut diedukasi bagian mana saja yang tak boleh di sentuh orang lain.

Alhamdulillah respon anak-anak PAUD sangat menikmati edukasi yang kami lakukan ini, mereka sangat terhibur. Jadi cara seperti ini lebih mudah kami sampaikan kepada anak  tentang bagaimana mereka harus mandiri, mereka  mampu menjaga diri  dari ancaman kejahatan seksual,”ungkapnya.

Anggi Saputra, salah satu relawan Bagi Indonesia menyatakan kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Program Pendidikan Bagi Indonesia, yang akan terus disosialisasikan ke sejumlah sekolah anak usia dini.

Insya Allah, edukasi ini akan kami terus sosialisasikan ke sejumlah sekolah usia dini, sebagai ikhtiar meminimalisir korban seksual terhadap anak, kalau bisa menghilangkan kasus yang menyedihkan ini,”tekadnya, penuh optimis.[]M.A.Rahmani/BagiIndonesia