Berita

Jangan Pandang Sebelah Mata, Manfaat Aktivitas Ini!!

Sedekah…?! Jangan anggap kecil manfaat aktivitas bersedekah ini, banyak kisah  keajaiban yang dirasakan seorang muslim yang gemar bersedekah secara tulus dan ikhlas. Selain secara mental spiritual bahagia karena bisa berbagi, mendapatkan keberkahan hidup, serta yang paling ajaib adalah mendapatkan rejeki tak disangka-sangka yang berlipat dari yang disedekahkan. Baik itu berupa uang/materi maupun rejeki lainnya, seperti misalnya sembuh dari penyakit, mendapatkan rejeki kehamilan yang lama dinanti dan rejeki yang lainnya.          

Secara umum sedekah mempunyai pengertian mengamalkan harta di jalan Allah, dengan niat karena Allah, ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, dan semata-mata mengharapkan ridha-Nya sebagai perwujudan iman.  

Keajaiban para pesedekah dengan mendapatkan rejeki yang tak disangka-sangka atau rejeki yang berlipat tersebut, sebenarnya memang sudah dijanjikan oleh Allah dalam Al-Qur’an, surat Al Hadid, ayat 18 yang berbunyi:  

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Ayat tentang bertambahnya rejeki apabila bersedekah tersebut, juga diperkuat sejumlah hadits, salah satunya dalam hadits riwayat Al-Baihaqi, Rasulullah SAW bersabda “Turunkanlah (datangkanlah) rejekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.”

Keutamaan atau manfaat sedekah sejatinya begitu luas! tidak hanya rezeki yang dilipatgandakan semata, namun Allah juga menjanjikan kepada kaum muslim yang bersedekah dengan sejumlah keutamaan yang diberikan kepada hamba-Nya yang bersedekah dengan tulus ikhlas.

Keutamaan tersebut, diantaranya: Memperkuat iman, meningkatkan empati sosial, menghindari sikap kikir, menyembuhkan penyakit, meringankan sakaratul maut, mengabulkan hajat, menjauhkan bencana, memperoleh naungan hari kiamat, menghapus dosa, pemisah diri dari neraka, dan memperpanjang umur.

Kalau memakai logika manusia semata, uang/harta yang dikeluarkan (disedekahkan) untuk orang lain, tentu saja akan menghabiskan harta yang kita miliki. Namun, dalam konsep sedekah, fakta logika itu tak berlaku! justru Rasulullah menyampaikan bahwa harta tak akan berkurang, karena sedekah yang dikeluarkan! Seperti dinyatakan dalam hadis-Nya riwayat Imam Muslim:  

“Harta itu tidak akan kurang dengan disedekahkan.” (HR. Muslim)

Hal itu juga dipertegas Allah dengan janjinya, yang akan mengganti sesuatu yang kita sedekahkan  dengan sesuatu yang lebih baik! Seperti dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Saba’ ayat 39:

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”[] M.A.Rahmani/Bagi Indonesia