Berita

Kenapa Sedekah Subuh Istimewa? Inilah Jawabannya!!

ISLAM merupakan agama yang mengajarkan umatnya untuk melakukan kebaikan. Salah satunya dengan berbagi pada manusia lain yang membutuhkan. Dalam ajaran Islam sendiri, hal ini disebut sebagai sedekah.

Selain membantu sesama manusia, sedekah juga akan mendatangkan pahala dan kebaikan lainnya. Sedekah adalah memberikan sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat (zakat fitrah, zakat maal dan zakat lainnya).

Sedekah bisa dilakukan kapan dan dimanapun kita berada, namun dalam praktek bersedekah ada waktu-waktu yang dianggap spesial, pahalanya akan berlipat apabila dipraktekan, yaitu sedekah subuh.

Sedekah subuh adalah kegiatan berbagi, mengeluarkan harta untuk kebaikan bagi mereka yang membutuhkan, dan mengeluarkan harta di jalan Allah, yang waktunya dilakukan setelah melaksanakan salat subuh, sebelum matahari terbit.

Lantas, yang jadi pertanyaan kenapa waktu subuh istimewa?

Ya subuh adalah waktu istimewa, gerbang/awal dari hari. Waktu subuh merupakan pergantian dari gelap menuju terang, dari malam menuju pagi. Waktu subuh ini secara khusus sering diungkapkan dalam Al Qur’an, salah satunya dalam surat At-Takwir, ayat 18,  yang berbunyi: “Dan demi subuh apabila fajarnya mulai menyingsing”.

Sehingga di waktu subuh inilah dianjurkan memperbanyak aktivitas dan amalan yang dapat menambah keberkahan, salah satunya adalah bersedekah. Keutamaan praktek bersedekah juga diungkap dalam hadis Rasulullah SAW, yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairah:

 “Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.’ Malaikat yang satu berkata: ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.”

Selain pahala, sedekah subuh juga mampu memberikan para pelakunya hidup dalam keberkahan dan mendapatkan rejeki yang tak disangka. Karena orang yang bersedekah shubuh senantiasa didoakan malaikat, permintaannya dikabulkan, mampu membersihkan harta, salah satu kunci pintu surga dan penaung pada hari kiamat.

Indah sekali seandainya tingkat kesadaraan umat Islam akan sedekah,  salah satunya sedekah subuh ini meningkat. Maka selain hakikatnya berdampak kepada orang yang bersedekah, juga mampu membantu pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan di negeri tercinta ini. Sehingga bersedekah salah satu kegiatan berbagi, yang mampu menjadi solusi ekonomi dan sosial umat. Insya Allah! []M.A.Rahmani/BagiIndonesia