Berita

Markas Kebaikan – Bagi Indonesia Distribusikan 1000 Liter Air Minum, Untuk Pondok Pesantren!!

BAGIINDONESIANews.SUKABUMI – Markas Kebaikan berkolaborasi dengan Bagi Indonesia mendistribusikan bantuan air bersihsebanyak 1000 liter ke tiga Pondok Pesantren. Pendistribusian diawali pada Jumat, (7/10) ke Pondok Pesantren Assalafiyah Badul Baror. Bantuan secara simbolis langsung diterima KH. Daril Muda selaku Pimpinan Pesantren dan dihadiri sejumlah asatidz dan santrinya.  

KH. Daril Muda sangat bersyukur pesantrennya mendapatkan bantuan air minum, menurutnya  santri-santrinya  memang sangat membutuhkan air minum.           

“Saya selaku pimpinan pondok pesantren mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan dan perhatian teman-teman dari Markas Kebaikan dan Bagi Indonesia. Semoga bantuan ini terus belanjut, karena memang para santri disini sangat membutuhkan air yang siap diminum,” tuturnya. 

Pesantren Assalafiyah Badul Baror terletak di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi tepatnya di Kampung Suweng, RT13/RW06, Desa Parung Kuda, Kecamatan Parung Kuda.

Menurut KH Daril Muda tujuannya membangun pesantren ini, untuk memberikan pendidikan Agama Islam, Ia berharap anak-anak memahami secara mendalam ajaran Agama Islam. 

“Di sini mah siapa saja boleh belajar, ya kalau pesantren salaf tidak ada pendidikan formal, hanya khusus pelajaran agama saja. Dari pemahaman makhraj dan tajwid serta memahami tata cara pembacaan kitab kuning. Saya tidak ingin pesantren ini dipungut biaya, terkadang ada santri yang datang kesini dia berasal dari keluarga yang tidak mampu,” ungkapnya.  

KH Daril Muda menjelaskan 120 santri dari berbagai daerah di Pesantren Assalafiyah Badul Baror ini, tanpa dipungut biaya. Untuk makan sehari-harinya, para santri membawa kebutuhan pokoknya dari rumah masing-masing dan dimasak bersama di Pesantren.

Muhammad Albar, CEO Bagi Indonesia mengatakan, digelarnya program ini sebagai bentuk kepedulian Bagi Indonesia bersama para mitranya, terhadap dunia pendidikan khususnya Pendidikan berbasis agama atau pesantren.   

“Salah satu kendala di pesantren itu adalah minimnya air bersih untuk dikonsumsi atau diminum. Oleh karena itulah program ini dijalankan ,” pungkas Albar.

Sementara itu, sampai berita ini diturunkan pendistribusian air bersih masih terus berlangsung. Hari ini pendistribusian akan dilakukan di Pondok Pesantren Nizhomul Hikmah di Kampung Cibuntu, RT02/RW03, Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Hari berikutnya, Tim Relawan Bagi Indonesia akan mendistribusikan air minum ini, ke salah satu Pondok Pesantren di Kabupaten Lebak-Banten, yaitu Pondok Pesantren Atturisin. [] M.A.Rahmani/Bagi Indonesia