Berita

PROGRAM JUMAT BERKAH, Bantu Perekonomian Pedagang Kecil!!

BAGIINDONESIANews.BOGOR – Usaha atau berdagang kecil-kecilan di sepanjang jalan kaki lima memang harus menghadapi tantangan yang luar biasa, tentunya resiko alami kerugian karena dagangan tak habis/tak laku, mungkin sering dialami para pedagang kaki lima.

Ya, keadaan tersebut juga pernah dialami  Dede (34) pedagang nasi kuning di sepanjang jalan Pendidikan Rawakalong, Gunung Sindur – Kabupaten Bogor. Ia mulai berdagang sejak pagi-pagi buta, sasaran pembelinya adalah anak sekolah, pegawai dan masyarakat sekitar yang belum sarapan pagi atau tidak masak di rumahnya.

Dede memaparkan pengalamannya, saat berdagang nasi kuning terkadang ia mengalami sepi pembeli, hingga sampai siang nasi kuningnya masih belum habis terjual. Apalagi kalau hujan di pagi hari.                  

“Tapi sih gak sering sampai gak laku dagangan mah, cuma pernah terjadi aja, biasanya sih alhamdulillah daganagn mah abis terus. Cuma mungkin yang membedakan habisnya cepet atau lama,”ungkap bapak 2 anak ini menjelaskan,  

Namun Ia terkejut beberapa minggu lalu tepatnya hari Jumat, tiba-tiba dagangannya hari itu ludes terjual di pagi hari. Usut punya usut, ternyata Tim Relawan Bagi Indonesia memborong seluruh dagangannya untuk Program Jumat Berkah, yaitu salah satu Program Regular Bagi Indonesia Berbagi Makanan Siap Santap kepada para pengguna jalan, yaitu: para supir angkot, supir taxi, driver ojol dan pejalan kaki.     

Menurut Anggi Saputra, Tim Relawan Bagi Indonesia Program Jumat Berkah ini penyediaan makana siap santapnya tidak kita bikin sendiri, namun membeli langsung di wilayah implementasi.

“Prosesnya seperti itu, kami punya motif dan tujuan ingin menghidupkan pedagang kecil, UMKM, kaki lima. Jadi selain memberikan manfaat kepada penerima manfaat, program ini juga mampu berkontribusi menghidupkan ekonomi pedagang kecil,” imbuhnya dengan penuh semangat.           

Dede pun sangat bersyukur nasi kuningnya diborong tim Relawan Bagi Indonesia untuk Program ini. Menurutnya Program ini bagus, langsung berdampak terhadap masyarakat kecil.

Alhamdulillah dengan adanya Program jum’at berkah yang dilakukan teman-teman Bagi Indonesia, masih pagi-pagi dagangan saya sudah ludes terjual! Program ini harus sering dilakukan sangat membantu orang kecil seperti saya  ini,”tuturnya.

Seperti kita ketahui saat ini negara kita adalah salah satu negara berkembang yang dihadapkan pada masalah kemiskinan. Angka kemiskinan masyarakat setiap tahunnya seolah tak pernah berkurang apalagi dengan naiknya harga BBM seperti saat ini!  Kemiskinan sendiri secara otomatis akan berdampak terhadap pemenuhan manusia yang paling pokok, salah satunya adalah pemenuhan pangan. 

Program Jumat Berkah ini, merupakan salah satu ikhtiar Bagi Indonesia, untuk membantu Pemerintah dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia. Semoga! []M.A.Rahmani/BagiIndonesia