Berita

PROGRAM JUMAT BERKAH: Keberkahan untuk Supir, Driver Ojol serta Pedagang Kecil

BAGIINDONESIANews.TANGERANG SELATAN – Barang siapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain.” (HR: Thabrani). Hadis Rasulullah SAW riwayat Thabrini ini, menjadi dasar berjalannya program reguler Bagi Indonesia  Jumat Berkah, yaitu kegiatan bagi/sedekah  makan untuk masyarakat yang membutuhkan.    

Program ini dijalankan di sejumlah wilayah, salah satunya di sepanjang jalan raya Pamulang – Tangerang Selatan, dilakukan  pada Jumat (19/08). Sebelum salat Jumat digelar, para relawan Bagi Indonesia ‘bergerilya’ membagikan makanan siap santap kepada sejumlah orang, diantaranya para  supir angkot, driver ojol, supir taksi, para pedagang kaki lima dan para pejalan kaki.

Menurut Anggi Saputra, Relawan Bagi Indonesia program yang dijalankannya ini adalah sebagai ikhtiar Bagi Indonesia untuk membatu atau meringankan beban masyarakat di tengah keadaan sulit saat ini.        

“Meskipun agak sulit, cape dan beresiko kami mendistribusikan makanan siap santap ini sampai ke para penerima manfaat di pinggiran jalan, tapi kami tetap semangat melakukannya. Rasa cape ini seperti hilang begitu saja, melihat bagaimana senyum bahagianya para penerima manfaat mendapatkan makanan siap santap dari kami,” tuturnya penuh haru.       

Ratusan Box paket makanan siap santap selesai terdistribusikan kepada para supir angkot, supir taxi, driver ojol, pedagang kaki lima dan pejalan kaki, sekitar 1 jam menjelang Salat Jumat.  

      

Para penerima manfaat sangat antusias menyambut program regular Bagi Indonesia ini, bagi mereka makanan siap santap gratis ini sangat membantu dalam meringankan biaya hidup mereka. Seperti yang diutarakan Yedi (38) salah satu supir angkot jurusan Ciputat – Muncul.   

” Terus terang bantuan makanan siap santap ini, sangat membantu kami, meringankan biaya kami untuk makan siang,”tuturnya.

Selain para penerima manfaat mendapatkan keberkahan dari program ini, para pedagang nasi dan makanan juga sangat terbantu dengan adanya program ini.

Menurut Anggi, Bagi Indonesia membeli makanan siap santapnya ke para pedagang kecil di sekitar lokasi implementasi. Sehingga para pedagang siap santap (warung nasi) disekitar secara ekonomi terbantu.                        

“Sedekah/Bagi Makanan Gratis ini merupakan sebuah program yang bekerja sama dengan warung nasi lokal (UMKM) dalam penyediaan makanan siap saji bergizi dan higienis untuk saudara pejuang nafkah yang membutuhkan,” pungkasnya. []M.A.Rahmani/BagiIndonesia